Jenis-Jenis Haji

hajiHaji adalah salah satu rukun Islam yang harus dilakukan bagi mereka yang telah mampu. Berhaji dilakukan dengan berkunjung dan melakukan beberapa kegiatan yang wajib dilakukan di tanah suci Mekkah. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika akan melakukan ibadah yang satu ini. beberapa syarat tersebut adalah beragama Islam, telah baligh, memiliki akal sehat, merdeka, serta mampu melakukan perjalanan menuju kota suci untuk melakukan ibadah tersebut. Pada praktiknya, ada tiga jenis (macam) atau cara dalam berhaji.

Apa Saja Jenis-Jenis Haji?

Jenis yang pertama adalah berhaji ibadah. Jenis yang satu ini artinya hanya berhaji saja. Jenis yang satu ini dapat dilakukan dengan empat cara. Cara yang pertama adalah dengan hanya berhaji saja tanpa melakukan umrah. Cara yang kedua adalah berhaji terlebih dahulu kemudian melakukan umrah. Cara yang ketiga adalah dengan melakukan umrah sebelum bulan Dzulhijjah (bulan haji) kemudian melanjutkan dengan ihram saat berhaji. Cara yang keempat adalah melakukan umrah di bulan yang diizinkan untuk berhaji kemudian pulang ke kampung halaman dan berangkat lagi untuk berhaji. Jenis yang kedua adalah haji tammatu. Jenis yang satu ini dilakukan dengan melaksanakan umrah pada bulan-bulan yang diizinkan untuk berhaji kemudian baru berhaji pada bulan yang sama tanpa kembali ke kampung halaman. Orang yang berhaji dengan cara ini diwajibkan membayar denda atau dam dengan menyembelih satu ekor kambing. Jika orang tersebut tidak mampu untuk menyembelih kambing maka dapat dilakukan dengan berpuasa selama 10 hari, 3 hari di tanah suci dan 7 hari dilakukan ketika telah pulang ke kampung halaman. Jenis yang satu ini diawali dengan berniat (ihram) untuk melakukan ibadah umrah kemudian menyelesaikan perkara-perkara umrah dan kemudian dilanjutkan dengan berhaji.

Jenis yang ketiga adalah haji qiram. Jenis yang satu ini dilakukan dengan berhaji dan umrah dalam satu waktu sehingga semua amalan dalam umrah telah terpenuhi dengan melaksanakan amalan dalam berhaji. Jenis yang satu ini mewajibkan orang tersebut membayar dam atau denda menyembelih seekor kambing atau jika tidak mampu bisa dibayar dengan berpuasa selama 10 hari dengan 3 hari dilakukan di tanah suci dan sisanya dilakukan saat telah kembali ke kampung halaman. Demikian beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis (macam) serta cara pada setiap jenisnya saat berhaji.

Related posts:

This entry was posted in Bisnis and tagged .